August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Sri Mulyani Naikkan Pajak Penghasilan Orang Kaya hingga 35 Persen

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membenarkan tarif pajak penghasilan atau PPh orang kaya tahun ini naik menjadi 35 persen.

Hal itu disampaikan Sri dalam acara CNBC Indonesia Financial Outlook 2022 yang diselenggarakan pada Selasa, 22 Maret, saat ditanya mengenai kebijakan perpajakan 2022 oleh moderator Chairul Tanjung yang merupakan ketua dan pendiri CT Corp.

Sri menjelaskan, langkah reformasi perpajakan yang dilakukan pemerintah antara lain melalui pengesahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Penyelarasan Peraturan Perpajakan atau UU HPP.

Salah satu ketentuan mengatur kenaikan tarif pajak penghasilan menjadi 35 persen bagi orang pribadi yang berpenghasilan lebih dari Rp5 miliar per tahun. Sebelumnya, orang Indonesia yang kaya raya kena pajak 30 persen, artinya ada kenaikan sebesar 5 persen.

“Kebijakan pajak penghasilan jelas. Mereka yang tidak memiliki penghasilan tidak membayar pajak. Pak CT (Chairul Tanjung) yang kaya, saya naikkan pajaknya menjadi 35 persen,” kata Sri, Selasa.

Chairul Tanjung memasang wajah tersenyum saat Sri menjawab. Menurut catatan Forbes, kekayaan Chairul mencapai sekitar Rp79 triliun yang berasal dari bisnis ritel, jasa keuangan, jasa perhotelan, dan media.

“Ini [tax] adalah untuk rakyat,” kata Sri Mulyani.

UU HPP tidak hanya menaikkan pajak bagi Perorangan Berpenghasilan Tinggi. Pemerintah menerapkan tarif pajak penghasilan 5 persen untuk wajib pajak dengan penghasilan nol sampai dengan Rp60 juta. Namun, pendapatan tidak kena pajak ditetapkan sebesar Rp54 juta per tahun.

Selain itu, ada tarif pajak penghasilan 15 persen bagi masyarakat yang berpenghasilan Rp60 juta-Rp250 juta per tahun, 25 persen bagi masyarakat yang berpenghasilan Rp250 juta-Rp500 juta per tahun, 30 persen bagi masyarakat yang berpenghasilan Rp500 juta-Rp5 miliar per tahun. dan tertinggi 35 persen bagi mereka yang berpenghasilan lebih dari Rp5 miliar per tahun, seperti Chairul Tanjung.

See also  Partai Buruh Sebut Information Kader Mereka Tak 100 Persen Muncul di Sipol KPU

Baca: Sri Mulyani Sebut 50 Persen Usaha Mikro Milik Perempuan

BISNIS.COM

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.