August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Haris Azhar Melaporkan Luhut Kembali ke Polisi

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaDirektur Yayasan Hukum dan Hak Asasi Manusia Lokataru Haris Azhar mengungkapkan keprihatinan atas bagaimana pejabat negara menggunakan posisi dan institusi mereka untuk mengkriminalisasi akademisi dan temuan penelitian.

Haris bertekad mengajukan laporan polisi terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sore ini dan menghadirkan sejumlah barang bukti terkait konflik kepentingan bisnis pertambangan menteri di Papua.

“Bukti dan dokumen sudah siap. Lucu juga kalau polisi hanya menginterogasi kamera, microphone, tanpa mencari bukti penelitian,” kata Haris saat diwawancarai Tempo di kantornya di Pulomas, Jakarta Timur, Rabu, 23 Maret.

Ia menyayangkan jika penelitian diproses secara hukum, bangsa ini akan kusam dan kebodohan ini ditegakkan oleh pejabat negara.

“Mereka justru memanfaatkan lembaga negara dan posisinya untuk memaksa bangsa ini menjadi bodoh,” bantahnya.

Haris mengungkapkan, bukti yang dihadirkan membuktikan adanya konflik kepentingan antara Luhut sebagai pejabat negara dengan posisinya di perusahaan pertambangan. “Dilarang, apalagi dia menjabat sebagai Pj Menteri ESDM dan sekarang menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,” tambah aktivis itu.

Pada 18 Maret, Polda Metro Jaya menetapkan Haris dan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Fatia Maulidiyanti sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik yang diajukan oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti diberitakan melalui video YouTube-nya membicarakan hasil kajian yang dilakukan oleh organisasi-organisasi, seperti KontraS, Walhi, Jatam, YLBHI, dan Pusaka terkait bisnis pertambangan penyelenggara negara di Papua.

Baca: Pasokan Batubara Domestik Terjamin; Luhut Sebut Pemerintah Luncurkan 37 Kapal untuk Ekspor

EKA YUDHA SAPUTRA

See also  Hipertensi Salah Satu Penyebab Gangguan Pendengaran
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.