August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pembangunan Daerah Tertinggal Harus Terintegrasi: Menteri Muhadjir Effendy

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Percepatan pembangunan daerah tertinggal harus dilakukan melalui koordinasi yang simultan dan terpadu antar kementerian atau lembaga terkait, kata Menko PMK. Muhadjir Effendy.

Koordinasi antar kementerian dan lembaga di bawah Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk penanganan pembangunan belum cukup, ujarnya dalam acara on-line, Selasa.

Terkadang diperlukan koordinasi yang sering dengan kementerian di luar Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Penanganan daerah tertinggal tidak bisa hanya mengandalkan kementerian teknis yang bertanggungjawab dalam hal ini, dalam hal ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, karena memiliki batasan tersendiri, ujarnya.

Tahun 2022 merupakan tahun periode ketiga dalam Program Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, ujarnya.

Waktu yang sangat singkat untuk melaksanakan tugas percepatan pembangunan daerah tertinggal secara bersama-sama.

Oleh karena itu, diperlukan koordinasi dan sinkronisasi dengan kementerian atau lembaga lain untuk berangkat dari indikator yang sama.

Dalam RPJMN 2020–2024, jumlah daerah tertinggal yang ditargetkan diberantas pada akhir 2024 adalah 25 dari whole 62 kabupaten tertinggal, ujarnya.

Pada acara Selasa, Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar optimistis kementeriannya akan mampu mengentaskan 32 daerah tertinggal di Indonesia pada 2024.

Untuk mengentaskan daerah tertinggal diperlukan tindakan terpadu dari kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan pemangku kepentingan lainnya, tambahnya.

“Melalui langkah kolaboratif terintegrasi antara banyak pihak, pengentasan daerah tertinggal dapat selesai pada tahun 2024 sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN 2020–2024,” katanya.

Membaca: Menteri Klarifikasi Pernyataan ‘Yang Kaya’ Menikahi ‘Yang Miskin’

ANTARA

See also  Ferdy Sambo Ditangkap dan Dugaan Tempo.co Di-hack, Komnas HAM Bilang Begini
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.