August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kementerian KLHK Tangkap 11 Penambang Ilegal di Kawasan Ibu Kota Baru

2 min read

Directoresdecasting.data, Samarinda Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Penegak Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan menangkap 11 orang yang diduga melakukan penambangan liar di kawasan ibu kota baru di Kalimantan Timur, pada 21 Maret.

Setelah dilakukan penyelidikan mendalam, tiga di antaranya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polres Tenggarong.

“Maka pada tengah malam, 21 Maret lalu, kami berhasil menangkap pelaku penambangan liar di kawasan ibu kota baru di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara,” kata Direktur Jenderal Rasio Ridho Sani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/3). konferensi pers di aula Gakkum kementerian di Samarinda, Kamis, 24 Maret.

Rasio Sani menjelaskan tiga orang ditetapkan sebagai tersangka, yakni M (60) sebagai koordinator lapangan, ES (38), dan E (34) sebagai operator alat berat.

Mereka dapat dijerat dengan Pasal 89 (1b dan/atau a) jo Pasal 17 (1a dan/atau b) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan jo Pasal 37 (5) UU No 11 Tahun 2020 tentang penciptaan lapangan kerja. Mereka terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda Rp10 miliar.

Ditjen juga menyita barang bukti, yakni dua unit ekskavator kuning, satu buku catatan batik biru, dua buku catatan biru, satu buku catatan motif batik coklat, satu truk sampah hijau dengan plat nomor KT 8713 OS hijau, dan satu kantong batu bara. sampel.

Rasio Sani menegaskan pihaknya mendesak penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap pihak-pihak lain yang terlibat dalam kegiatan penambangan liar, mulai dari investor hingga orang-orang yang diuntungkan dari praktik ilegal tersebut.

Baca: Penambangan Ilegal Ancam Pembangunan Ibu Kota Baru

See also  PPATK Pantau Aktivitas Media Sosial Orang Kaya Baru Gila

SAPRI MAULANA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.