August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Juru Bicara New Capital Metropolis Menjelaskan Konsep Crowdfunding

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Juru bicara ibu kota baru (IKN) Sidik Pramono, Jumat, memberikan klarifikasi tentang rencana peluncuran program crowdfunding untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Informasi mengenai sumber pendanaan ini awalnya diungkapkan oleh Ketua IKN Bambang Susantono dalam wawancara dengan Tempo.

Sidik menegaskan bahwa crowdfunding hanya akan menjadi salah satu dari beragam alternatif pendanaan di luar anggaran negara (APBN). Ia juga menjelaskan bahwa hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif secara finansial dalam pembangunan fasilitas umum dan sosial.

“Ini sukarela, tidak ada paksaan dan masyarakat sendiri yang menjadi pemrakarsa,” kata Sidik, 25 Maret.

Pemerintah Indonesia menjadwalkan pembangunan ibu kota baru berjalan hingga 2045 dengan tahap pertama pembangunan direncanakan selesai pada 2024, menetapkan panggung untuk wilayah pemerintahan inti. Pada peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus tahun ini, pemerintah berencana menggelar upacara di lokasi Kaltim dan mengerahkan 60.000 pegawai negeri untuk menghadiri acara tersebut.

Menurut Sidik, sumber lain yang sah menurut undang-undang untuk pembangunan ibu kota baru adalah penggunaan barang milik negara, penggunaan aset yang dikuasai, dan penggunaan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha. Ada juga kontribusi swasta dalam bentuk artistic financing, crowdfunding, dana filantropi, atau dana company social duty (CSR).

Baca: Pemerintah Jajaki Potensi Crowdfunding untuk Proyek Ibu Kota Baru

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Rektor UIN Kalah Gugatan dari Wakil Rektor, Kuasa Hukum: Harus Patuhi Putusan Hukum
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.