August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Komentar Presiden Jokowi tentang Peningkatan Subsidi BBM Dalam Negeri

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Jumat 25 Maret berbicara tentang konsekuensi kenaikan harga minyak dunia dan membandingkan situasi di Indonesia dengan negara lain yang tidak mensubsidi harga BBM. Berbeda dengan Indonesia yang mempertahankan harga fuel, kata dia, negara-negara tersebut telah menaikkan harga hingga 100 persen.

Selain itu, harga minyak dunia yang dulunya dipatok US$60 per barel kini meroket ke stage US$118 per barel.

“Kami terkadang meningkatkan [the fuel price] hanya 10 persen tetapi protes bisa berlangsung 3 bulan, ”kata Presiden 25 Maret.

Ia juga menyinggung soal ini saat Dies Natalis Akademik Universitas Negeri Sebelas Maret ke-46 pada 11 Maret lalu, “Kami menjaga [the prices] di sini.”

Di sisi lain, Indonesia sebagai importir minyak mentah mensubsidi harga BBM yang dijual ke masyarakat setiap tahunnya. Subsidi energi pada tahun 2021 mencapai Rp131,5 triliun, meningkat signifikan dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp110,5 triliun.

Pengeluaran terbesar pada tahun 2021 adalah untuk subsidi BBM dan LPG sebesar Rp83,7 triliun sedangkan tahun ini saja, subsidi energi pada bulan pertama sudah mencapai Rp10,2 triliun atau naik 347,2 persen dibandingkan Januari 2021.

Jokowi kemudian berbicara tentang situasi yang menyebabkan kenaikan harga komoditas lain. “Menyebar di mana-mana, kelangkaan energi, kelangkaan pangan,” kata Presiden.

Baca: Jokowi Ucapkan Selamat kepada Semua Pihak Atas Suksesnya MotoGP Mandalika

FAJAR PEBRIANTO

See also  Hasil Perempat Ultimate Piala Presiden 2022: PSIS Semarang Kalahkan Bhayangkara FC Lewat Adu Penalti
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.