August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Tuberkulosis di Indonesia Menyebabkan 11 Kematian Setiap Jam

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaIndonesia menempati urutan ketiga dunia dalam jumlah kasus tuberkulosis setelah India dan China dengan whole 824.000 kasus dan angka kematian 93.000 per tahun. Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa pada tingkat ini, 11 kematian dicatat secara statistik setiap jam.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan, Didi Budijanto, Selasa mengatakan pemerintah akan melakukan skrining TB secara besar-besaran tahun ini karena ia memperkirakan hanya 49 persen penderita TB yang minum obat.

Artinya, ada sekitar 500.000 pasien yang belum berobat dan berisiko menjadi sumber penularan, ujarnya pada 22 Maret.

Ia mengingatkan masyarakat tentang pentingnya penanganan cepat begitu kasus TB ditemukan dan pengobatan esensial yang harus dilakukan pasien agar dapat menyembuhkan TB dengan baik. Kementerian Kesehatan, lanjutnya, akan memeriksa kemungkinan 500.000 kasus yang belum ditemukan.

Pemanfaatan alat pemeriksaan rontgen dengan bantuan kecerdasan buatan akan dapat menghasilkan hasil analysis TB dengan lebih cepat dan efisien. Pemerintah juga berencana menggunakan metode tes dua arah bagi penderita diabetes untuk mendapatkan pengobatan tuberkulosis sedini mungkin. Saat ini, pemerintah sedang mengupayakan pengadaan alat tersebut.

Dengan upaya pengecekan tersebut, Didik berharap pada 2030 Indonesia benar-benar mampu mengendalikan tuberkulosis. Sebanyak 91 persen kasus TB di Indonesia merupakan TB paru yang berpotensi menular ke orang-orang di sekitar penderita. Penemuan kasus dan pengobatan tuberkulosis tertinggi terdapat di Banten, Gorontalo, Jakarta, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat.

Membaca: Jokowi Siapkan Pengendalian Tuberkulosis Peraturan

Directoresdecasting.information | RINI KUSTIANI

See also  Timnas U-16 Indonesia Hantam Singapura 9-0, Bima Sakti: 4 Pemain Cedera
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.