August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gempa Magnitudo 4,9 Hancurkan 42 Rumah di Seram Barat, Maluku

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta – Gempa dengan magnitudo 4,9 melanda Kabupaten Seram Barat, Provinsi Maluku pada Kamis, 24 Maret. Information sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan pada Jumat, 25 Maret pukul 19:40 WIB, 42 rumah rusak akibat bencana alam.

“Information sementara menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Pj Kepala Pusat Information, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 26 Maret.

Gempa tersebut terjadi pada Kamis, 24 Maret pukul 20:51 (WIB). Getaran tersebut dirasakan warga sekitar 1-2 detik. Badan mitigasi bencana Seram Barat melaporkan bahwa daerah yang terkena dampak adalah Desa Kamarian, Kecamatan Kairatu. Guncangan juga dirasakan masyarakat di Pulau Ambon selama sekitar 1-2 detik.

Pusat gempa berada 12 km barat daya Kairatu dengan pusat gempa 10 km. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada. Berdasarkan analisis inaRISK, 11 kabupaten di Seram Barat memiliki potensi gempa dengan kategori sedang dan tinggi, dan salah satunya adalah Kabupaten Kairatu.

Menyikapi fenomena gempa, masyarakat diharapkan dapat melakukan evakuasi mandiri dengan aman. Menurut BNPB, korban jiwa bukan karena gempa, melainkan bangunan. Masyarakat juga diminta tidak terpancing dengan rumor yang beredar di media sosial.

Baca: Filipina Tingkatkan Siaga Gunung Taal

Fajar Pebrianto

See also  Depok Jawa Barat Dinobatkan Sebagai Kota Paling Tidak Toleran
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.