August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pengunjung Luar Negeri Meningkat Setelah Kebijakan Tanpa Karantina Diterapkan: Laporkan

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mencatat peningkatan signifikan jumlah pemudik internasional yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Provinsi Bali, dan Bandara Soekarno-Hatta, Provinsi Banten, pasca pemberlakuan no-karantina aturan.

Berdasarkan information dari pos pemeriksaan imigrasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, jumlah pemudik internasional yang tiba di Bali pada 13-24 Maret 2022 mencapai 7.317, Demikian disampaikan kementerian Achmad Nur Saleh dalam keterangannya yang diterima, Sabtu.

Ia melanjutkan, jumlah pengunjung manca negara yang datang ke Indonesia melalui bandara tertinggi tercatat 1.060 orang pada 19 Maret 2022.

“Selain Bandara I Gusti Ngurah Rai, jumlah wisatawan asing yang bepergian ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta juga meningkat setelah penerapan kebijakan larangan karantina,” katanya.

Hingga 25 Maret 2022, whole pemudik internasional yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta adalah 2.470 orang.

Pejabat tersebut mencatat, awalnya kebijakan larangan karantina merupakan peraturan percontohan yang diterapkan bagi wisatawan mancanegara yang masuk ke Tanah Air melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai mulai 7 Maret 2022.

Selain itu, pemerintah juga memberikan layanan visa-on-arrival (VoA) di bandara kepada wisatawan mancanegara dari sejumlah negara.

Selama periode 13-24 Maret 2022, fasilitas VoA diberikan kepada 3.611 wisatawan mancanegara di Bali. Jumlah tersebut hampir setengah dari whole jumlah kunjungan wisatawan selama periode tersebut.

Selain warga negara Indonesia, para pelancong internasional juga sebagian besar adalah warga negara Australia. Tercatat lebih dari 200 warga Australia tiba di bandara per hari.

Saleh memastikan kemudahan yang diberikan kepada wisatawan mancanegara dilaksanakan sesuai dengan evaluasi penerapan percontohan kebijakan tersebut.

“Kami berharap upaya tersebut dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional dan industri pariwisata,” ujarnya.

See also  Jakarta Tidak Akan Sewa Dukun Hujan untuk System E, Kata Wakil Gubernur

Sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 15 Tahun 2022, pengunjung luar negeri yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga tidak perlu dikarantina jika hasil tes RT PCR COVID-19-nya negatif.

Sedangkan jika pengunjung belum divaksinasi atau baru mendapat vaksinasi dosis pertama, maka harus menjalani karantina selama lima hari.

Membaca: Kebijakan Perjalanan Bebas Karantina Indonesia; Inilah Yang Perlu Diketahui Wisatawan

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.