August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Anies Baswedan Soroti Keunikan Stadion Internasional Jakarta

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan proyek pembangunan Stadion Internasional Jakarta atau JIS di Papanggo, Jakarta Utara, akan selesai pada Maret 2022.

Pada hari Senin, 28 Maret, ia mengungkapkan beberapa fitur unik dari stadion baru melalui saluran YouTube-nya sebagai berikut:

  1. Kapasitas besar

“Kapasitas penontonnya mencapai 82.000. Ini adalah salah satu stadion terbesar [by capacity] di Indonesia,” kata Anies di kanal Youtube pribadinya di Jakarta, Senin.

  1. Bangunan ramah lingkungan

JIS dirancang sebagai stadion sepak bola ramah lingkungan yang mendapat sertifikat platinum yang dikeluarkan oleh Inexperienced Constructing Council Indonesia (GBCI). Anies mengungkapkan, stadion tersebut memiliki instalasi khusus untuk konservasi air dengan menggunakan materials ramah lingkungan. Atapnya juga memiliki 1.080 unit panel surya.

  1. Atap yang bisa ditarik

Atap stadion dapat dibuka dan ditutup sehingga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan atau acara baik dalam cuaca panas maupun hujan. Strukturnya berbobot 3.900 ton, mencapai 73 meter pada titik tertingginya.

  1. Desain tempat duduk

Desain tempat duduk dikatakan unik karena berdiri dan lerengnya yang berbeda.

  1. Tidak ada trek atletik

Stadion ini tidak dilengkapi dengan trek atletik untuk menutup jarak antara lapangan dan kursi penonton. “Tujuannya untuk memberikan pengalaman yang setara. Jadi di mana pun Anda duduk, Anda memiliki pengalaman menonton yang hampir sama. Inilah keunikan desain ini,” tambah Anies Baswedan.

  1. Padang rumput

Anies mengungkapkan, stadion tersebut menggunakan rumput hybrid yang diklaim bersertifikat pertama di Indonesia. Rumput hibrida tersebut merupakan kombinasi dari lima persen rumput sintetis yang didatangkan dari Italia dan 95 persen rumput alam dari Boyolali, Jawa Tengah.

“Dengan rumput ini, bisa digunakan untuk seribu jam pertandingan. Sedangkan rumput biasa hanya memiliki 300 jam pertandingan. Bisa juga digunakan untuk dua pertandingan dalam satu hari,” ujarnya.

  1. Infrastruktur standar FIFA
See also  Luhut Binsar Pandjaitan Temui Pengusaha Amerika Serikat, Bicara Investasi

Infrastruktur stadion dibangun dengan standar FIFA, termasuk dua lapangan latihan, ruang ganti, ruang pemanasan, ruang konferensi pers, dan ruang media.

Stadion yang bentuknya terinspirasi dari pakaian adat Betawi ini memiliki dua jalur atau landai untuk keluar masuk di sisi barat dan timur dengan lebar 30 meter dan panjang 120 meter.

  1. Lintasan joging di atap

Keunikan lain yang ada di Jakarta Worldwide Stadium adalah jogging observe di sky view deck dengan ketinggian 72 meter dengan lebar empat meter.

Insya Allah (Insya Allah), Maret 2022 akan menjadi bulan bersejarah bagi Jakarta sebagai Stadion Internasional Jakarta proyek akan selesai,” kata Anies Baswedan.

Membaca: Stadion Internasional Jakarta Bukan Karya Anies Baswedan Saja, Kata PDIP

ANTARA

https://metro.tempo.co/learn/1575584/anies-baswedan-ungkap-keunikan-jis-dari-kapasitas-penonton-hingga-rumput

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.