August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Dialog Damai Papua; Komnas HAM Sebut Keterlibatan PBB Tidak Perlu

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara, Senin, mengatakan, menurutnya, rencana dialog damai yang akan digelar di Papua tidak perlu melibatkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kami belum melihat ke dalam [involving the United Nations],” katanya pada 28 Maret. “Kami fokus untuk memaksimalkan mekanisme nasional yang ada dan apa yang diamanatkan dalam Komnas HAM.”

Hal itu disampaikannya setelah Gerakan Papua Merdeka Tentara Pembebasan Papua Barat (TPNPB-OPM) meminta PBB untuk terlibat aktif dalam penanganan konflik di Papua setelah berkali-kali menolak tawaran pemerintah Indonesia untuk berdialog secara damai.

Komnas HAM, menurut Haspara, saat ini memfokuskan upayanya untuk mewujudkan dialog damai dan mempertemukan tokoh-tokoh berpengaruh Papua dengan perwakilan pemerintah. Dia menegaskan, berbagai persoalan di wilayah paling timur Indonesia itu bisa diselesaikan secara inner.

Upaya pengawas hak asasi manusia untuk menengahi pertemuan damai antara masyarakat Gerakan Papua Merdeka dan tokoh agama telah dimulai sejak tahun lalu di markas perwakilan Komnas HAM di Papua.

Komnas HAM yakin mampu menggelar dialog damai ini karena organisasi tersebut mendapat akreditasi A dari Aliansi International Lembaga Nasional Hak Asasi Manusia (GAHNRI) yang bermarkas di kantor PBB Jenewa.

Baca: Polda Papua Bahas Kendala Tangkap Penembak 8 Pekerja di Beoga

ARRIJAL RACHMAN

See also  Kementerian Luar Negeri Siapkan Skenario Jika Barat Keluar dari G20
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.