August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gugus Tugas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Ikuti Protokol Kesehatan Selama Ramadhan

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan. protokol kesehatan selama Ramadhan meskipun pemerintah telah melonggarkan beberapa pembatasan aktivitas masyarakat.

“Tahun ini kita berusaha (kembali) regular seperti sebelumnya. Namun protokol kesehatan harus tetap dijaga,” katanya dalam diskusi on-line FMB9 tentang ibadah dan persiapan makanan selama Ramadhan, Senin.

Aktivitas masyarakat cenderung meningkat selama Ramadhan, katanya. Dengan demikian, risiko penularan bisa lebih tinggi, dan kunci untuk menghindari penyebaran infeksi adalah dengan mengikuti protokol kesehatan, jelasnya.

Dia mengatakan kasus positif dan kematian akibat COVID-19 terus menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Berdasarkan knowledge satgas, rata-rata jumlah kasus positif saat ini sekitar 3 ribu per hari. Angka tersebut berbeda dengan puncak kasus pada 16 Februari 2022 yang tercatat 64 ribu.

Oleh karena itu, kata dia, menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga agar angka tersebut tidak bertambah lagi, yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ia menekankan, pemerintah daerah juga harus terus memantau situasi di daerahnya, terutama yang padat penduduk dan mobilitasnya tinggi.

Pemerintah daerah wajib melakukan tindakan antisipatif terhadap lonjakan kasus dengan terus meningkatkan kesadaran dan melakukan pendidikan kebijakan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa masyarakat dapat mengikuti mudik (eksodus) Idul Fitri 2022 jika telah menyelesaikan vaksinasi primer dan menerima dosis booster terhadap COVID-19.

Presiden juga menyampaikan bahwa setiap kegiatan eksodus harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

Kasus pertama dari COVID-19 terkonfirmasi di Indonesia pada Maret 2020. Menurut knowledge Gugus Tugas Penanganan COVID-19, hingga 28 Maret 2022, Indonesia mencatat 6.001.751 kasus COVID-19, 5.724.963 sembuh, dan 154.774 meninggal.

See also  Prabowo, Macron Bertemu di Paris Tindaklanjuti Kesepakatan Jet Rafale

Membaca: Istana Kepresidenan Tidak Melonggarkan Protokol Covid-19 Meski Kasus Miring

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.