August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

KPAI Bantah Sekolah Larang Siswa yang Belum Divaksinasi Masuk Kelas

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKomisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengutuk tindakan sekolah yang melarang siswa yang belum menerima vaksin COVID-19 menghadiri kelas di Konawe, Sulawesi Tenggara.

Pernyataan itu dibuat sebagai tanggapan atas video viral di mana seorang guru meminta seorang anak untuk meninggalkan kelas dan tidak mengizinkannya mengikuti ujian tryout karena dia belum divaksinasi. Guru tersebut juga mengaku hanya mematuhi aturan sekolah yang dibuat oleh koordinator wilayah.

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @SaveMoslem2 yang mengklaim bahwa itu terjadi di sebuah sekolah dasar di Konawe.

Komisioner Pendidikan KPAI, Retno Listyarti, mengaku belum meminta klarifikasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe. “Tetapi saya mengutuk tindakan sekolah melalui pendidiknya dengan meminta anak-anak keluar dari kelas dan melarangnya mengikuti uji coba di depan umum, disaksikan oleh teman-temannya,” kata Retno dalam keterangan tertulis, Senin.

Retno menggarisbawahi bahwa tindakan tersebut tidak tepat dan berpotensi mempengaruhi kondisi psychological atau psikologis anak. Apalagi anak itu sudah kelas akhir dan sebentar lagi akan mengikuti ujian kelulusan.

Hal ini dapat dikategorikan sebagai kekerasan psikis atau psychological dan berpotensi kuat melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Saya meminta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Konawe untuk melakukan house go to ke anak tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut Retno berpendapat bahwa vaksin tidak boleh menghalangi seorang anak untuk mendapatkan hak atas pendidikan sebagaimana dijamin dalam UUD 1945. Pihak manapun baik itu guru, sekolah, koordinator wilayah, Dinas Pendidikan, bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak berhak melarang seorang anak mengikuti ujian dan menerima pelajaran karena belum divaksinasi.

Membaca: KPAI Catat 18 Kasus Kekerasan Seksual di Sekolah Sepanjang 2021

See also  57 Tahun Slash, Gitaris Weapons N' Roses ini Sempat Meninggal selama 8 Menit

Depkes KHORY ALFARIZI

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.