August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Manner Kambas Sambut Bayi Baru Badak Sumatera

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Suaka Badak Sumatera di Provinsi Lampung, Taman Nasional Manner Kambas, pada Kamis, 24 Maret melaporkan kedatangan tambahan famili baru berupa anak badak betina. Direktur Jenderal Konservasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno mengatakan, bayi badak tersebut menambah jumlah badak menjadi delapan ekor.

Taman nasional ini tidak hanya menampung Andatu dan Rosa—induk anak sapi—tetapi juga tiga badak betina bernama Bina, Ratu, Delilah dan dua badak jantan bernama Andalas dan Harapan (harapan).

Wiratno mengatakan bahwa ini bukan hanya kabar baik bagi populasi badak sumatera tetapi juga “momen bersejarah di tengah kepresidenan G20 di Indonesia.”

Ia mengakui dan berterima kasih atas kerja keras para dokter, perawat, dan pakar kesehatan lainnya yang memantau kondisi Rosa sebelum melahirkan. Dalam sebuah pernyataan resmi Tempo diterima pada Senin, 28 Maret, ahli kesehatan tersebut berasal dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), rumah sakit gajah taman nasional, dan Taman Safari Indonesia.

Zulfi Arsan, ketua tim dokter, mengatakan bahwa Rosa si badak menunjukkan tanda-tanda melahirkan sekitar pukul 9 pagi. Proses persalinan berlangsung selama hampir tiga jam, di mana Scott Citino, dokter hewan dari White Oak Conservation, dan perawat hewan senior. Paul Reinhart dari Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat bersiaga. Scott dan Paul membantu tim dokter hewan di taman nasional.

Selama kehamilannya, Rosa menerima hormon penguat janin tambahan sampai dia hampir melahirkan. “Kami melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan secara rutin menggunakan USG (USG), memberinya makanan yang cukup dan berkualitas, dan memantau perilakunya selama kehamilan,” kata Arsan.

Sementara itu, Kepala Taman Nasional Manner Kambas Kuswandoro mengatakan ini menandai “Badak Sumatera pertama di Asia yang lahir di penangkaran, 124 tahun setelah kelahiran anak sapi Sumatera di Kebun Binatang Calcutta India.”

See also  Curah Hujan Diperkirakan Saat Siklon Tropis Karim Menerjang Indonesia

Baca: Suaka Badak Baru Dibuka di Taman Nasional Manner Kambas

ABDI PURNOMO

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.