August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Aktivis Serukan Keselamatan Warga Sipil Di Papua Di Tengah Konflik yang Berkelanjutan

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Aktivis hak asasi manusia Theo Hesegem menyuarakan keprihatinannya tentang konflik baru-baru ini di Papua antara anggota penegak hukum Indonesia (militer dan polisi) dan Tentara Pembebasan Papua Barat dan Gerakan Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Dia percaya bahwa situasinya telah memburuk dan merenggut banyak nyawa.

“Efeknya dugaan pelanggaran HAM terjadi di Papua. Ini dipantau oleh dunia internasional, termasuk PBB,” kata Theo dalam keterangan tertulis, Selasa, 29 Maret 2022.

Theo sangat mendesak kedua belah pihak yang terlibat konflik untuk tidak menyerang warga sipil tak berdosa yang tinggal di daerah konflik. Theo sangat mendesak semua orang untuk menjamin perlindungan dan keamanan bagi warga sipil yang tinggal di sana. “Mereka tidak boleh terhambat oleh segala bentuk ancaman yang datang dari kedua belah pihak yang sedang berkonflik,” kata Theo.

Konflik bersenjata di Papua telah menelan banyak korban jiwa sejak 2018, termasuk masyarakat asli yang, menurut Theo, hidup dalam ketakutan dan trauma. Peristiwa terbaru terjadi pada Sabtu, 27 Maret, di mana dua tentara Tentara Nasional Indonesia (TNI) tewas setelah terjadi penyerangan di Nduga, Papua.

Insiden itu mendahului penembakan lain yang dilakukan oleh kelompok bersenjata terhadap pekerja yang sedang memperbaiki menara BTS lokal, yang menewaskan delapan karyawan telekomunikasi. Yang terbaru adalah kelompok separatis bersenjata yang mengklaim telah menembak dua pesawat yang membawa personel polisi dan militer.

MOH KHORY ALFARIZI

See also  Ketua DPR Minta Pengusaha Bayar Tunjangan Idul Fitri kepada Karyawan
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.