August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

BMKG Prakiraan Hujan Deras, Petir di Tarakan, Pangkal Pinang

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Diprediksi sebagian wilayah Indonesia akan diguyur badai petir, hujan lebat, dan kilat pada Selasa, 29 Maret.

Badan tersebut memperkirakan hujan lebat akan melanda Tarakan pada hari Selasa, sementara hujan disertai petir kemungkinan akan terjadi di Pangkal Pinang dan Kupang.

Curah hujan dengan intensitas sedang juga mungkin terjadi di Denpasar, Surabaya, dan Mamuju. Hujan ringan diperkirakan terjadi di Yogyakarta, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Manokwari, Makassar, dan Kendari.

Sebelumnya, badan tersebut memantau perputaran siklon di Samudera Hindia barat daya Banten, di Laut Arafura selatan Papua, dan di Laut Natuna pada Senin.

Sirkulasi ini membentuk daerah pertemuan/konvergensi yang membentang dari Kalimantan Barat bagian selatan sampai Kalimantan Tengah, di Kalimantan Utara, dan di Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu.

Daerah konvergensi juga terpantau meluas di Aceh, Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan daerah pertemuan terdeteksi di Maluku dan Laut Banda. Kondisi tersebut kemungkinan akan mendorong pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi/pertemuan.

Itu BMKG Lebih lanjut disebutkan bahwa suhu udara di Indonesia berkisar antara 21-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Medan dan Surabaya.

Membaca: BMKG Keluarkan Prakiraan Cuaca Jakarta, Bandung, dan Surabaya

MARIA FRANSISCA LAHUR

See also  Dampingi Jokowi Resmikan Sarinah, Iriana Jokowi Tampil Anggun Berkebaya Jingga
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.