August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Komnas HAM Upayakan Temui Benny Wenda, OPM Akhiri Konflik Papua

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKomnas HAM atau Komnas HAM masih berusaha menemui Panglima Gerakan Papua Merdeka (OPM) dan pimpinan Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP), Benny Wenda. Pertemuan sedang diupayakan di tengah konflik yang sedang berlangsung di Papua.

Ketua Perwakilan Komnas HAM Papua, Frits Bernard Ramandey, mengatakan pihaknya masih berupaya menggelar pertemuan lagi dengan Pangdam. Belajar dari pengalaman di Aceh dan Timor Leste, lanjutnya, dialog membutuhkan proses, tahapan, dan waktu.

“Kami masih melakukan upaya, jadi belum ada kepastian,” kata Frits kepada Tempo pada hari Senin, 28 Maret.

Namun, dia mengaku komunikasi sebenarnya sudah dilakukan dengan beberapa pimpinan OPM di Papua. Jauh sebelum tahun 2021, Frits juga mengaku pernah bertemu langsung dengan empat komandan OPM di provinsi.

Sebelumnya, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik membeberkan rencana pertemuan dengan tokoh-tokoh Papua itu pada Rabu, 23 Maret. Ahmad mengatakan pihaknya berupaya untuk memulai dialog damai di Papua, salah satunya dengan bertemu dengan OPM dan Benny Wenda. .

Ahmad juga membenarkan adanya pertemuan antara Frits dengan komandan OPM. Bahkan, kata dia, komunikasi telah dilakukan ke hampir semua fraksi di OPM oleh Komnas HAM Papua.

Namun, sejauh ini belum ada kesepakatan yang dicapai, kecuali komitmen untuk melanjutkan komunikasi. Komnas HAM juga ingin mengadakan pertemuan lagi dalam upaya untuk membangun kepercayaan antara kedua belah pihak. “Kita bangun kedekatan dulu,” kata Ahmad.

Membaca: Dialog Damai Papua; Komnas HAM Sebut Keterlibatan PBB Tidak Perlu

FAJAR PEBRIANTO

See also  Pemerintah Segera Hapus PPKM: Menteri
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.