August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

KPPU Selidiki Praktik Kartel Produsen Minyak Goreng

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) saat ini memantau delapan produsen minyak goreng yang menguasai 70 persen pangsa pasar yang diduga terkait dengan dugaan manipulasi harga komoditas secara nasional.

“Kita tunggu saja apakah bukti-bukti itu mendukung dugaan produsen melanggar undang-undang persaingan usaha,” kata Direktur Penyidikan KPPU Gopera Panggabean di Jakarta Pusat, Selasa, 29 Maret 2022.

Menurut laporan dari berbagai sumber, para produsen tersebut di atas mengadakan pertemuan setelah harga acuan minyak sawit mentah (CPO) naik pada akhir tahun 2021. Sumber mengklaim pertemuan ini dilakukan dengan pengecer dan distributor.

Gopera menjelaskan bahwa KPPU akan melihat pertemuan tersebut dan melihat apakah produsen minyak goreng telah membahas harga dan distribusi, serta dampak produk minyak goreng setelah pertemuan.

KPPU akan mengamati pendapatan perusahaan saat harga minyak goreng naik sesuai laporan keuangannya. Dari sisi ekonomi, KPPU akan membandingkan kenaikan pendapatan perusahaan dengan peningkatan kebutuhan produksi akibat melonjaknya harga acuan CPO.

“Kita perlu berhati-hati dalam melihat laporan keuangan karena laporan perusahaan yang terbuka untuk publik merupakan laporan konsolidasi, dan kami menyadari harga CPO cukup tinggi,” kata direktur investigasi KPPU.

FRANSISCA CHRISTY ROSANA

See also  Greenpeace Indonesia Keluhkan Isu Etis di Pertamina, Pengiriman Minyak Rusia
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.