August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

PLN Lakukan Operasi Uji Coba Kabel Bawah Laut Sumatera-Bangka

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPT PLN (Persero) penyelenggara listrik milik negara telah melakukan uji coba operasi kabel bawah laut menghubungkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka sejak 26 Maret 2022, dan sejauh ini belum tercatat adanya permasalahan yang berarti.

“Kami berharap pengoperasian sistem interkoneksi yang ditingkatkan ini dapat memperlancar kegiatan investasi dan membantu peningkatan pasokan listrik ke Pulau Bangka mencapai 200 megawatt (MW),” kata Common Supervisor Unit Induk PLN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Amris Adnan. pada hari Selasa.

Selain itu, dia berharap sistem baru ini dapat membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri dalam suasana tenang dan khusyuk.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena sudah didukung dengan kondisi kelistrikan yang semakin andal dengan cadangan daya yang cukup,” ujarnya.

Pada tahap awal, sistem interkoneksi Sumatera-Bangka memasok listrik sebesar 150 kilovolt (kV), yang diharapkan dapat mengurangi utilisasi pembangkit berbahan bakar minyak di Pulau Bangka.

Direktur megaproyek dan energi baru dan terbarukan PT PLN, Wiluyo Kusdwiharto, mengatakan seluruh tahapan pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan telah berhasil dilaksanakan.

Pengoperasian kabel listrik bawah laut juga diharapkan dapat memenuhi pertumbuhan konsumsi listrik dan meningkatkan kualitas layanan perusahaan di masa mendatang.

Pulau Bangka merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan listrik yang tinggi di Indonesia. Rata-rata pertumbuhan penjualan listrik di wilayah tersebut dalam tiga tahun terakhir tercatat sebesar 8,52 persen.

Peningkatan tersebut merupakan hasil dari pengembangan perikanan, pengolahan kelapa sawit, pasir kuarsa, peleburan bijih timah, serta industri pariwisata.

Lebih awal, listrik ke Pulau Bangka disuplai oleh sejumlah pembangkit yang didominasi oleh pembangkit berbahan bakar minyak dengan beban puncak 190,2 MW.

See also  Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia Harus SNI, Begini Kata Kemenperin

Saat itu, complete cadangan daya di kawasan itu hanya 1,3 MW.

Berkat interkoneksi baru, saat ini cadangan daya di Pulau Bangka bertambah menjadi 281 MW.

Membaca: Telkomsel Ubah Rute Lalu Lintas Karena Kabel Bawah Laut Terganggu

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.