August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Depok Jawa Barat Dinobatkan Sebagai Kota Paling Tidak Toleran

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Kelompok hak asasi manusia SETARA Institute telah mengeluarkan indeks kota toleran (IKT) tahun 2021 yang mengklasifikasikan kota-kota di Indonesia berdasarkan jajak pendapat, liputan media tentang isu-isu yang berkaitan dengan toleransi, dan implementasi kebijakan pemerintah daerah. Dalam daftar yang sama, Kota Depok Jawa Barat menempati urutan ke-93 atau paling tidak toleran.

“Masalah utama Depok terkait dengan dua isu yang sangat membebani [to the ranking]. Yang pertama adalah produk hukum yang ada secara diskriminatif, dan efektif disahkan oleh pemerintah daerah,” kata Direktur Eksekutif SETARA Ismail Hasani di Menteng, Jakarta Pusat, 30 Maret.

Isu kedua yang menyebabkan buruknya peringkat Depok adalah instruksi walikota untuk menutup Masjid Al Hidayah yang merupakan masjid yang menampung komunitas Ahmadiyah pada Oktober 2021.

Ismail mengatakan tema agama kota itu juga didominasi oleh Islam, yang menurutnya merupakan proses segregasi yang dipicu oleh kepemimpinan politik tingkat lokal.

“Kita bisa melihat betapa belum terbukanya kepala daerah Depok terhadap pluralitas,” kata Ismail.

Diberitakan sebelumnya, lembaga tersebut mengelompokkan sepuluh besar kota paling toleran di Indonesia, yakni Kediri (5.733 poin), Surakarta (5.783), Bekasi (5.830), Ambon (5.900), Magelang (6.020), Tomohon (6.133), Kupang (6.337). ), Salatiga (6.367), Manado (6.400), dan pada cabang olahraga pertama Singkawang dengan 6,483 poin.

Tingkat toleransi juga mempertimbangkan kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah yang tidak hanya menguntungkan satu masyarakat saja. Indikator lainnya antara lain rencana pembangunan, kebijakan diskriminatif, kasus intoleransi, dinamika masyarakat sipil, pernyataan publik oleh pemerintah, tindakan pemerintah kota, heterogenitas agama, dan inklusi sosial keagamaan.

Indeks toleransi SETARA biasanya digunakan oleh pemerintah daerah sebagai alat untuk menyempurnakan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJDM) hingga alokasi anggaran dalam hal tingkat toleransi.

See also  Investor Bitcoin Khawatir karena Terra Luna Runtuh Lebih dari 90%

Baca: SETARA Tunjuk Singkawang Sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia

M JULNIS FIRMANSYAH

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.