August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

KPPU: Merger Gojek-Tokopedia Tidak Melanggar Persaingan Usaha

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKomisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengatakan penggabungan gojek dan Tokopedia ke dalam GoTo tidak menunjukkan adanya monopoli atau persaingan usaha tidak sehat. Keputusan itu diambil setelah agensi melakukan penilaian menyeluruh terhadap aspek-aspek yang timbul dari merger tersebut.

Wakil Ketua KPPU Guntur Syahputra Saragih mengatakan merger di industri atau bisnis tertentu memang dapat menyebabkan konsentrasi pasar. Namun, penggabungan dua perusahaan teknologi layanan digital tersebut memiliki pasar yang multiset sehingga tidak menciptakan konsentrasi pasar.

“Intinya merger GoTo tidak berdampak signifikan [on market concentration],” kata Guntur seperti dikutip dari siaran pers, Selasa, 29 Maret.

Direktur Merger dan Akuisisi KPPU Aru Armando kembali menegaskan bahwa tim penilai dan sekretariat telah meluncurkan analisis dampak terkait merger, seperti market entry, persaingan usaha, perilaku sepihak, anti persaingan, dan lain-lain.

Aru menjelaskan, hasil analisis menunjukkan tidak ada indikasi potensi persaingan usaha tidak sehat dalam merger tersebut.

gojek menyampaikan pemberitahuan penggabungan kepada KPPU pada tanggal 9 Agustus 2021.

Membaca: Erick Thohir Ingin Gojek, Seize Pakai Gesits Motor Listrik

BISNIS.COM

See also  Anggota G20 Soroti Lonjakan Harga Pangan dan Energi
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.