August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

BMKG Kabut Asap di Jakarta: ‘Aktivitas Kembali Regular’

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berbicara tentang kabut asap yang menyelimuti langit Jakarta pada Rabu, 30 Maret. Kejadian tersebut dikatakan berasal dari meningkatnya aktivitas kendaraan seiring pemerintah semakin melonggarkan pembatasan COVID-19.

“Masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasa,” kata Kepala Badan Urusan Perubahan Iklim, Dodo Gunawan, seperti dikutip dari Antara di hari Rabu.

Selain kendaraan bermotor, pencemaran udara juga disebabkan oleh aktivitas pembakaran lainnya, termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di sekitar kawasan ibu kota. Hal ini dikenal sebagai salah satu sumber emisi polusi partikel halus (PM2.5).

Dodo menjelaskan kabut asap bisa terjadi pada pagi hari sebelum matahari terbit dan memanaskan bumi. “Jadi uap air dari suhu dingin di malam hari membentuk kabut hingga pagi hari sebelum matahari bersinar,” katanya.

Menurut laman IQAir pada Rabu sore, kualitas udara indeks (US AQI) mencapai 166. Artinya tingkat pencemaran udara dikategorikan tidak sehat. Konsentrasi PM2.5-nya juga mencapai 84 mikrogram per meter kubik, 16,8 kali di atas nilai pedoman kualitas udara tahunan WHO.

Membaca: Ancaman Gempa Megathrust; BMKG, Bandara Yogya Tahan Gempa, Simulasi Tsunami

ANTARA

See also  Viral di TikTok, Simak Gaya Style Cewek Kue, Mamba, dan Bumi
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.