August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Badan Taman Nasional Gunung Rinjani Masuk Daftar Hitam 5.000 Pendaki Karena Membuang Sampah

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaBadan Taman Nasional Gunung Rinjani memasukkan 5.000 pendaki ke dalam daftar hitam dan melarang mereka mendaki gunung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) selama dua tahun.

“Ada 5.000 orang yang masuk daftar hitam dari 2020-2021,” kata Kepala Badan Dedy Asriady, Kamis, 31 Maret.

Daftar larangan mendaki, kata Dedy, memuat nama-nama orang yang tidak mematuhi aturan, seperti tidak membuang sampah saat pulang. Kebanyakan dari mereka adalah warga lokal, namun ada juga yang berasal dari luar daerah.

Ia menjelaskan, setiap pendaki wajib mendaftarkan knowledge dirinya termasuk barang bawaannya yang berpotensi menjadi sampah di aplikasi e-Rinjani. “Ada pemeriksaan menggunakan e-Rinjani. Mereka akan diminta untuk mendaftarkan knowledge sampahnya [before hiking] dan ketika mereka kembali, mereka diperiksa lagi,” papar Dedy.

Badan tersebut selalu mengingatkan setiap pendaki untuk membawa sampahnya agar tidak mencemari kawasan taman nasional. “Kami lebih memilih menjaga kebersihan gunung, daripada membiarkan banyak orang mendaki dan gunung tercemar sampah,” kata Dedy.

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani membuka kembali gunung tersebut untuk para pendaki sejak 16 Maret 2022 dengan kuota kunjungan maksimal 50 persen. Gunung ini tersedia untuk perjalanan tiga hari dua malam sebagaimana diatur dalam peraturan Direktur Jenderal Konservasi Konservasi Ekosistem Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca: Jalur Pendakian Gunung Rinjani Terlarang Karena Potensi Cuaca Ekstrim

ANTARA

See also  Sering Lupa Melakukan Seuatu Saat Masuk Ruangan membuka tentang Efek Doorway
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.