August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi Incar MoU Bidang Ekonomi dengan Malaysia

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaMenteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo berencana menyusun perjanjian kerjasama atau MoU di bidang ekonomi dengan Malaysia.

Sebelumnya hari ini, 1 April, yang terakhir menandatangani kesepakatan tentang perlindungan pekerja migran Indonesia dengan Perdana Menteri Malaysia Datuk Sri Ismail Sabri Yaakob di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

“Mudah-mudahan kita akan bekerjasama dengan Malaysia di sektor lain seperti sektor domestik, sektor konstruksi, jasa, budidaya, dan sebagainya,” kata Retno dalam keterangannya, Jumat, 1 April.

Dalam pertemuan tersebut, Retno mengatakan Sabri menyampaikan usulan duta besar ke Indonesia. Namun, Presiden mengatakan proses pencalonan duta besar harus melalui parlemen.

“Jadi kami menunggu proses dari parlemen dan Insya Allahdalam waktu dekat akan selesai,” imbuh Retno.

MoU tentang perlindungan TKI mengatur penggunaan sistem satu jalur untuk seluruh proses penempatan, pemantauan, dan pemulangan TKI. Jokowi berharap melalui kesepakatan tersebut, para pekerja migran akan mendapatkan hak dan perlindungan yang maksimal dari kedua negara.

Retno menambahkan, MoU tersebut telah dirundingkan dengan pemerintah Malaysia selama enam tahun terakhir. “Kami berharap kasus buruk yang menimpa TKI di Malaysia bisa turun drastis,” ujar Menkeu.

Baca: 22 WNI Ditahan Karena Masuk Malaysia Secara Ilegal

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Presiden Jokowi Temui Elon Musk, Kunjungi SpaceX
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.