August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

LRT Jabodebek Delicate Launch 17 Agustus, Beroperasi September: Luhut

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan KA Jabodetabek atau LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi) akan beroperasi komersial mulai September 2022. Kereta tersebut saat ini dalam tahap uji coba.

“Sesuai jadwal, akan beroperasi pada September tahun ini. Kami targetkan smooth launching pada 17 Agustus nanti,” ujarnya, Jumat, 1 April 2022.

Luhut meninjau uji coba LRT hari ini bersama Deputi II Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wijoatmodjo. Ia mengatakan, progres infrastruktur LRT tahap pertama sudah mencapai 90,2 persen.

Pembangunan infrastruktur LRT tahap pertama ini meliputi layanan rute 1 Cawang-Cibubur, layanan 2 Cawang-Dukuh Atas dan layanan 3 Cawang-Bekasi Timur. Luhut mengaku pembangunan berjalan lancar tanpa hambatan.

Setelah beroperasi, LRT Jabodebek akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, termasuk kereta api berkecepatan tinggi, LRT, dan Transjakarta.

“Kami sedang membangun sistem moda transportasi yang canggih. Kami berharap semua itu bisa tercapai tahun ini,” kata Luhut.

Sebelumnya, perusahaan kereta api milik negara PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan kisaran harga tiket LRT Jabodebek sebesar Rp12-15 ribu. Harga tersebut dipatok untuk layanan tahap pertama rute Cibubur-Dukuh Atas.

“Itulah perhitungan yang diajukan PT KAI. Namun kisaran harga ini masih dalam pembahasan di Kementerian Perhubungan,” kata pejabat pembuat akta LRT Jabodebek Ferdian Suryo Adhi Pramono kepada Tempo pada akhir tahun 2021. Ferdian mengatakan angka tersebut sudah termasuk subsidi pemerintah.

Harga tiket LRT Jabodebek akan mendapat subsidi pemerintah karena skema pembiayaan proyeknya merupakan kombinasi dari pinjaman financial institution dan anggaran negara (APBN).

Baca: LRT Jabodebek Beroperasi Komersial Agustus 2022

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Jembatan Ciujung Tol Tangerang-Merak Diuji Beban, Segera Beroperasi

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.