August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

MAKI Laporkan 9 Perusahaan ke KPPU Soal Kartel Minyak Goreng

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaMasyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan sembilan perusahaan pengekspor minyak sawit mentah (CPO) dan minyak goreng, serta satu perusahaan asing yang membeli CPO, ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

MAKI menduga besar-besaran ekspor minyak goreng yang dilakukan sembilan perusahaan tersebut menyebabkan kelangkaan komoditas tersebut di Indonesia.

“Ekspor besar-besaran oleh sembilan perusahaan tersebut diduga menjadi penyebab kelangkaan pasokan dan mahalnya harga minyak goreng,” kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangan tertulis, Jumat, 1 April.

MAKI berharap jika mereka terbukti melakukan praktik kartel, KPPU dapat menyita seluruh keuntungan mereka.

Boyamin mengingatkan, KKPU dalam rapat kerja dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mencurigai adanya kartel monopoli dalam perdagangan CPO dan minyak goreng. KPPU juga menyatakan telah melakukan penyidikan berdasarkan satu bukti langsung adanya dugaan praktik kartel.

Sembilan perusahaan yang dilaporkan MAKI tersebut diidentifikasi sebagai PT PA; PT. EP; PT.PI; PTBA; PT TI; PT NL: PT TJ; PT. NONA; dan PT.SP. Sedangkan perusahaan pembelinya berbasis di salah satu negara Asia Tenggara yaitu VODF PTE LTD.

Menurut Boyamin, MAKI telah menyampaikan laporan melalui surat elektronik dan berencana membuat laporan tertulis dan melengkapi bukti-bukti untuk diserahkan ke KPPU.

Baca: Harga Minyak Goreng dan Gula Meningkat Jelang Ramadhan: Pedagang

M ROSSENO AJI

See also  Asosiasi Kelapa Sawit Keluhkan Harga CPO Rendah Meski Ada Intervensi Pemerintah
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.