August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Ajukan Gugatan Domestik dan Internasional untuk Menyelesaikan Kasus Tumpahan Minyak Montara

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menekan tuntutan baik di dalam maupun luar negeri atas kasus tumpahan minyak dari ledakan anjungan minyak Montara yang mencemari Laut Timor.

Luhut mengatakan dalam Discussion board Merdeka Barat 9 Jumat, pemerintah mengajukan litigasi domestik karena perjanjian bisnis yang sah antara PTTEP Australasia—perusahaan minyak berbasis Thailand yang menjalankan kantor di Australia—dan Indonesia.

“Ini adalah masalah hukum antara PTTEP Thailand dan kami, oleh karena itu kami meminta dukungan dari Australia untuk membuat masalah ini lebih transparan,” kata Luhut.

Gugatan domestik terhadap perusahaan minyak itu akan dipelopori oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Gugatan internasional yang diajukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, sementara itu, masih berlangsung dan pengadilan memenangkan Indonesia pada tahun 2021. Kasus ini sekarang masih berlanjut setelah banding yang diajukan oleh PTTEP Australasia dengan persidangan yang dijadwalkan pada Juni 2022.

Ledakan kilang minyak Montara di Blok West Atlas Laut Timor mengakibatkan bocornya sekitar 30.000 barel minyak mentah ke Laut Timor, merusak biota laut di perairan.

Dampak tumpahan minyak yang masih berlangsung hingga saat ini telah mencemari sumber daya Laut Timor dan merugikan mata pencaharian ekonomi dan lingkungan penduduk setempat.

“Jadi, kami mengajukan kasus di negara ini. Saya kira sedang diproses, dan pemerintah akan mendukung penuh kasus ini, karena ini berdampak pada rakyat kita. Kami akan membantu saksi-saksi kami dan menyelesaikan kasus ini, ”katanya.

Luhut mengatakan Presiden Jokowi telah menyerukan penyelesaian kasus tumpahan minyak Montara untuk memperjuangkan kepentingan rakyat di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia menambahkan, pemerintah sedang menyiapkan payung hukum berupa peraturan presiden untuk menuntut PTTEP Australasia di dalam negeri.

See also  Musamus, Sarang Semut Akbar dari Taman Nasional Wasur Merauke

Baca: Casing Oli Montara, Luhut: No Case, No Drawback

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.