August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Indonesia Resmi Naikkan PPN Menjadi 11 Persen

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPemerintah resmi menaikkan pajak pertambahan nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen mulai 1 April 2022, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 7 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

“Ini merupakan bagian integral dari reformasi perpajakan dan konsolidasi fiskal sebagai landasan bagi sistem perpajakan yang lebih adil, optimum, dan berkelanjutan,” kata Juru Bicara Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari dalam keterangan pers, Kamis malam, 31 Maret.

Penyesuaian tarif PPN tersebut sejalan dengan penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) bagi orang pribadi yang berpenghasilan hingga Rp60 juta per tahun dari 15 persen menjadi 5 persen. Pemerintah juga menurunkan pajak bagi UMKM dengan omzet hingga Rp500 juta dan menerapkan PPN last dengan jumlah tertentu.

Direktur Pusat Studi Ekonomi dan Hukum (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara menilai kenaikan PPN akan mempengaruhi harga barang dan jasa. Selain barang dan jasa yang dibebaskan dari pengenaan pajak, termasuk kebutuhan dasar dan pendidikan non premium, harga barang dan jasa yang dikenakan PPN akan mengalami kenaikan.

“Dampak kenaikan PPN ini cukup luas karena berlaku untuk hampir semua jenis barang, kecuali kebutuhan pokok, seperti elektronik, pulsa, iklan on-line atau adsense, iklan media sosial, suku cadang otomotif, dan kosmetik. Semua yang menjadi objek PPN akan bertambah,” kata Bima.

Baca: Sri Mulyani Naikkan PPN Jadi 11% Mulai April 2022

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Anies Baswedan Jaga Persatuan di Jakarta Melalui Dana Keagamaan
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.