August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

79Mn Diharapkan untuk Go Mudik; Pusat Vaksinasi Persiapan Pemerintah di Bandara, Terminal

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta – Pemerintah Indonesia tahun ini mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran atau yang dikenal dengan mudik, setelah dua tahun. Namun para pemudik wajib mendapatkan vaksin booster melawan Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan fasilitas vaksinasi di bandara, pelabuhan, stasiun, dan terminal bus bagi para pemudik. “Insya Allahakan ada tempat vaksinasi di bandara, pelabuhan, terminal bus, dan stasiun kereta api,” katanya, Jumat, 1 April 2022.

Budi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam beberapa pekan ke depan dan melakukan simulasi.

Berdasarkan information kementerian, sekitar 79 juta orang diperkirakan mudik tahun ini. Angka tersebut terbilang tinggi namun juga dapat dimaklumi karena selama dua tahun terakhir masyarakat tidak bisa mudik ke kampung halamannya karena pembatasan Covid-19. Kebanyakan orang mudik ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kepala Gugus Tugas Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto mengatakan, masyarakat diperbolehkan mudik tahun ini namun harus divaksinasi sebagai syarat perjalanan.

Bagi yang mendapat vaksin booster, tidak perlu menjalani tes Covid-19. Mereka yang mendapat vaksinasi primer lengkap, atau dosis pertama dan kedua, harus menjalani tes antigen minimal 1×24 jam sebelum keberangkatan, atau tes PCR (3×34 jam). Sedangkan yang hanya mendapat satu dosis harus menjalani tes PCR minimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan menyediakan fasilitas vaksinasi di bandara, pelabuhan, stasiun, dan terminal bagi masyarakat yang ingin mudik dan melengkapi vaksinasi boosternya.

Baca: Jabar Tingkatkan Vaksin Booster Jelang Mudik Idul Fitri

Antara

See also  Sheila Dara, Dion Wiyoko, dan Reza Rahadian Fundamental di Serial Yang Hilang Dalam Cinta
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.