August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Arab Saudi Menyambut Gencatan Senjata yang didukung PBB di Yaman di tengah Ramadhan

2 min read

Utusan Khusus PBB untuk Yaman Hans Grundberg mengumumkan pada hari Jumat gencatan senjata dua bulan, yang akan mulai berlaku pada pukul 19:00 waktu setempat (16:00 GMT) pada hari Sabtu, di mana semua bentuk operasi militer di dalam Yaman dan di Saudi-Yaman perbatasan harus dihentikan.

Sebagai apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh utusan khusus PBB, kementerian Saudi mengatakan gencatan senjata datang dalam konteks inisiatif Saudi, pertama kali diumumkan pada Maret 2021, untuk mencapai solusi politik yang komprehensif untuk krisis Yaman.

Pemberontak Houthi Yaman juga telah menyatakan selamat datang atas gencatan senjata yang didukung PBB, yang terjadi hanya beberapa hari setelah Houthi mengumumkan gencatan senjata tiga hari sepihak dengan koalisi pimpinan Saudi di Yaman.

Di bawah gencatan senjata, pihak yang bertikai telah setuju untuk mengizinkan kapal bahan bakar memasuki pelabuhan di wilayah Hodeidah dan penerbangan komersial beroperasi dari bandara di ibu kota yang dikuasai Houthi, Sanaa, untuk tujuan kemanusiaan.

Gencatan senjata nasional, yang bertepatan dengan awal bulan suci Ramadhan, mungkin yang pertama dari jenisnya dalam perang saudara Yaman sejak akhir 2014.

Perlu dicatat bahwa pembicaraan damai Yaman, yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Dewan Kerjasama Teluk, dimulai di Riyadh dengan pertemuan tertutup pada hari Selasa dan diperkirakan akan berlanjut hingga 7 April.

Yaman telah terperosok dalam perang saudara sejak akhir 2014 ketika milisi Houthi yang didukung Iran menguasai beberapa provinsi utara dan memaksa pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang didukung Saudi keluar dari Sanaa.

Perang telah menewaskan puluhan ribu orang, membuat 4 juta orang mengungsi, dan mendorong negara itu ke jurang kelaparan, menurut PBB.

See also  Prime 3 Tekno Berita Kemarin: Arti Bendera Indonesia di Bawah Kokpit KF-21 Boramae

Baca: Thailand, Kelompok Pemberontak Selatan Hentikan Kekerasan Selama Ramadhan

Xinhua

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.