August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Komnas HAM Dukung Panglima TNI Izinkan Keturunan Mantan PKI Jadi Prajurit

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKomisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk mengizinkan keturunan mantan tapol Partai Komunis Indonesia (PKI) yang kini sudah bubar (PKI) untuk bergabung dengan TNI.

“Komnas HAM sangat mengapresiasi rekrutmen prajurit TNI yang tidak lagi mendiskriminasi keturunan eks tapol PKI,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Jakarta, Minggu.

Membatasi keturunan eks tapol PKI untuk bergabung dengan TNI bertentangan dengan hukum dan konstitusi, katanya.

Konstitusi menetapkan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama dan tidak boleh diperlakukan secara diskriminatif karena alasan yang melanggar hukum, katanya.

Ia mengatakan, langkah Panglima TNI itu mengacu pada Ketentuan TAP MPR XXV/1966 yang melarang komunisme, Leninisme, dan Marxisme. Artinya, larangan tersebut tidak berlaku bagi keturunan eks tapol PKI yang tidak sepenuhnya terkait dengan ideologi atau partai politik orang tua, kakek-nenek, atau keluarganya.

“Kita tidak bisa memaksakan” “dosa warisan” pada anak dan cucu mereka,” katanya.

Ia mengatakan, langkah Panglima TNI itu bertujuan untuk menegakkan persamaan hak asasi bagi setiap warga negara di tanah air.

Pada masa Orde Baru, banyak keturunan eks-PKI tapol tidak bisa menjadi pegawai negeri dan melanjutkan pendidikan tinggi.

“Mereka diingkari hak-hak dasar mereka dalam pendidikan, dan pekerjaan selama puluhan tahun. Haruskah kita membiarkan ini terulang?,” katanya.

Membaca: Panglima TNI Positif Covid-19; Pertemuan Pemimpin yang Merindukan

ANTARA

See also  Terlalu Ramai, Citayam Vogue Week Mulai Dikeluhkan Warga
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.