August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Indonesia Siap Transisi Endemis COVID-19: Menkes

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia dinilai siap untuk transisi dari pandemi COVID-19 menjadi endemik.

Salah satu tandanya, menurutnya, adalah tren penurunan kasus positif yang didukung oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan bahwa situasi pandemi adalah tanggung jawab semua elemen.

“Selama masyarakat lebih sadar apa yang harus dilakukan untuk menghadapi pandemi ini, itu akan menunjukkan bahwa kita siap untuk transisi dari pandemi ke endemik nanti,” kata Budi dalam keterangan pers yang dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden di Senin, 4 April.

Ia juga membenarkan bahwa varian Omicron BA.2 yang memicu lonjakan kasus positif di sejumlah negara telah masuk ke Indonesia. Namun, tidak ada kenaikan kasus seperti yang terjadi di Hong Kong dan China menyusul munculnya varian baru virus corona.

Untuk itu, Budi Gunadi mengatakan pemerintah yakin akan pelonggaran pembatasan Covid-19 selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. Salah satu pembatasan yang dilonggarkan adalah masyarakat diperbolehkan mudik lebaran atau mudik untuk merayakan Idul Fitri di awal Mei dengan syarat, seperti vaksinasi penguat.

Baca: Indonesia Pertimbangkan Standing Endemis Jika Tidak Ada Lonjakan COVID-19 Setelah Idul Fitri

BISNIS.COM

See also  KAI Akan Ambil Tindakan Hukum Terhadap Pengemudi Mobil yang Tabrakan Kereta KRL Depok
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.