August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kebijakan Booster untuk Mudik Eksodus Sebuah Tindakan Pencegahan, Kata Menteri

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan kebijakan pemerintah tentang pemacu vaksinasi bagi masyarakat yang mengikuti mudik Lebaran 2022 sebagai bentuk tindakan pencegahan.

“Pemerintah tetap berhati-hati. Kita tetap boleh menjalankan ibadah Ramadhan dan ikut eksodus, tapi vaksinasi booster juga harus kita selesaikan,” ujarnya dalam konferensi pers tentang Evaluasi ‘Rapat Terbatas tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), ‘ yang diakses secara on-line pada hari Senin.

Dia menginformasikan bahwa orang yang baru menerima dosis pertama akan diminta untuk memberikan tes PCR negatif COVID-19 dari sampel yang diambil dalam waktu tiga hari perjalanan untuk mengikuti eksodus.

Sementara itu, mereka yang menerima dosis kedua harus menunjukkan hasil negatif dari tes antigen yang dilakukan dalam satu hari atau tes PCR yang dilakukan tidak lebih dari tiga hari sebelum perjalanan.

“Yang sudah mendapat booster, tidak perlu menjalani tes apapun,” tambahnya.

Dia juga mencatat, persetujuan pemerintah terhadap masyarakat untuk mengikuti eksodus lebaran tidak terlepas dari kondisi imunitas masyarakat yang tinggi.

“Pemerintah merasa yakin bisa melakukan kegiatan dengan lebih leluasa,” ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan mudik Lebaran 2022 ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo agar masyarakat dapat kembali menikmati bulan Ramadhan dan mudik.

Di tengah situasi COVID-19 yang semakin membaik di tanah air, Sadikin berharap masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman bahwa semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab kesehatan.

“Selama masyarakat semakin sadar apa yang harus mereka lakukan untuk menghadapi pandemi ini, itu akan menunjukkan bahwa kita siap untuk beralih dari pandemi ke endemik (fase) nanti,” katanya.

Membaca: Polda Metro Jaya Siapkan 266 Tempat Vaksin Booster COVID-19

See also  Soekarno Hatta Ditargetkan 150.000 Penumpang di Puncak Mudik

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.