August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Komisi DPR Panggil IDI Soal Pemberhentian Terawan Hari Ini

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKomisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat dengar pendapat dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) hari ini, 4 April, untuk membicarakan pemberhentian tetap mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dari IDI. Pertemuan dijadwalkan dimulai pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Agendanya sudah dikonfirmasi sejauh ini. Ketua IDI dikatakan hadir [the hearing],” kata Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay, Senin.

Saleh mengatakan sidang tidak hanya membahas pemberhentian Terawan, tetapi juga evaluasi IDI terkait tugas dan fungsinya. “Tentu saja tema utamanya adalah etika kedokteran,” kata politisi PAN itu.

Komisi IX juga mengundang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Herkutanto dan Budi Sampurna serta pakar hukum pidana dari Universitas Padjadjaran Romli Atmasasmita. Menurut Saleh, para pakar tersebut diundang untuk memberikan perspektif tentang kasus-kasus etika kedokteran.

Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI memutuskan untuk mengeluarkan Terawan secara permanen karena pelanggaran etika yang serius. Keputusan itu dibacakan dalam Kongres IDI ke-31 di Banda Aceh, Jumat 25 Maret.

Dengan demikian Terawan dilarang praktek medis. Sejumlah pejabat mengkritisi keputusan IDI dan menuntut organisasi profesi medis dievaluasi. Salah satu yang mengkritik adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Baca: Pejabat Negara Minta IDI Evaluasi Pasca Pemberhentian Terawan

DEWI NURITA

See also  Wamendag Targetkan Bursa Kripto Indonesia Terbentuk Tahun Ini
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.