August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

BPBD DKI Peringatkan Potensi Longsor di 10 Kecamatan

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan 10 kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi longsor pada April 2022. Delapan di antaranya berada di Jakarta Selatan dan dua di Jakarta Timur.

Informasi tersebut dirilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM melalui laman vsi.esdm.go.id. Menurut Isnawa, pihaknya melaporkan potensi longsor di Jakarta per bulan.

“Informasi yang keluar setiap bulannya bukan berarti seluruh kecamatan masuk dalam kategori rawan, tapi hanya di daerah-daerah tertentu yang berada di daerah lereng, di bantaran sungai,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 April. .

Disebutkannya, whole ada 57 longsor di ibu kota sepanjang 2017-2021. Rinciannya, 34 kejadian longsor terjadi di Jakarta Selatan dan 21 kejadian di Jakarta Timur. Sebagian besar terjadi di Srengseng Sawah (6 insiden) dan Ciganjur (4 insiden).

“Mayoritas longsor terjadi menyusul tingginya intensitas curah hujan di daerah sekitar sungai,” tambah Isnawa.

Dijelaskannya, lima tanda kemungkinan longsor adalah lapisan tanah atau batuan yang menjauhi pondasi, retakan tanah yang berbentuk tapal kuda, rembesan air, batang pohon yang melengkung, dan lereng yang semakin curam.

Lebih lanjut Isnawa menegaskan bahwa longsor mungkin terjadi karena beberapa pemicu, seperti curah hujan, gempa bumi, erosi, dan aktivitas manusia.

Baca: 10 Wilayah Jakarta Rawan Pergerakan Tanah: BPBD

LANI DIANA WIJAYA

See also  Polda Metro Jaya Siapkan 266 Tempat Vaksin Booster COVID-19
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.