August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Turunkan Tes PCR Kedatangan untuk Wisatawan Udara Internasional

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Pemerintah Indonesia akan semakin melonggarkan pembatasan pandemi yang sebelumnya diamanatkan untuk pelancong udara internasional yang tiba di Indonesia, terlepas dari kewarganegaraan. Regulasi terbaru tidak lagi mewajibkan pemudik yang masuk kategori ini untuk mengambil Covid-19 PCR tes masuk.

Kebijakan ini diambil setelah isu tersebut dibahas dalam rapat terbatas antara menteri negara dan Presiden sendiri, Joko Widodo atau Jokowi. Salah satu aspek yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut adalah membandingkan kebijakan ini dengan negara lain yang telah mengadopsi pembatasan longgar setelah mewajibkan vaksinasi, bukan tes skrining.

“Kewajiban melakukan tes PCR saat kedatangan tidak lagi diamanatkan kepada semua pelancong internasional dan hanya akan diterapkan pada kasus suspek Covid-19 yang menunjukkan gejala berdasarkan suhu tubuh,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada 4 April yang hadir pertemuan.

Namun, dia mengatakan penumpang rute penerbangan internasional yang tiba di Indonesia harus tetap menunjukkan Covid-19 PCR hasil tes yang diambil sebelum berangkat dari negara asal mereka.

Pemerintah juga berencana untuk lebih melonggarkan peraturan visa karena Menteri Airlangga mengatakan itu adalah salah satu permintaan langsung dari Presiden Jokowi yang ingin pemberian visa dilonggarkan melalui visa on arrival. Kebijakan ini awalnya hanya diterapkan di kawasan pariwisata tertentu seperti Bali, Batam, dan Bintan.

Membaca: Pembaruan Covid-19 Jakarta; 612 Orang Diobati pada 3 April

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Kecelakaan Saat Mudik Idul Fitri Tahun Ini Turun: Polisi
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.