August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Sumber Daya Manusia yang Kompeten Kunci Menghindari Jebakan Pendapatan Menengah: Erick Thohir

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa terampil dan kompeten sumber daya manusia dapat menjadi salah satu kunci untuk membantu Indonesia menghindari jebakan pendapatan menengah.

“Untuk mengembangkan ekonomi berbasis pengetahuan, Indonesia harus memiliki sumber daya manusia yang terampil, kompeten, dan melek teknologi,” ujarnya dalam seminar on-line ‘Milenials Improve Week,’ yang diakses Selasa.

Kemampuan tersebut diperlukan untuk membantu generasi muda untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia agar negara tidak terjebak dalam center earnings entice, tambahnya.

Oleh karena itu, selain mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam, potensi sumber daya manusia juga harus diasah, apalagi Indonesia akan menuai bonus demografi dalam beberapa tahun ke depan.

Menkeu mencatat, ketika bonus demografi terjadi, 70 persen penduduk Indonesia akan terdiri dari generasi milenial dan Generasi Z.

“Generasi Z adalah usia yang produktif, maka dari itu kita harus mengubah strategi ekonomi masa depan kita untuk tidak hanya bergantung pada sumber daya alam, tetapi juga mengembangkan ekonomi berbasis pengetahuan, yang dihasilkan oleh inovasi dan kemampuan sumber daya manusia,” katanya.

Selain itu, sebagai bangsa, Indonesia memiliki mimpi dan harapan, terutama untuk memperingati 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2045, tambahnya.
“Pada tahun 2045, Indonesia diprediksi oleh Dana Moneter Internasional (IMF) sebagai negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia. Itu harus diwujudkan,” tegasnya.

Oleh karena itu, semua pihak harus memastikan pelaksanaan upaya mewujudkan mimpi tersebut, tambahnya. Dengan demikian, potensi kekuatan ekonomi yang besar harus dikejar dengan menyusun peta jalan pembangunan baru.

Sebelumnya, pada acara yang sama, Presiden Joko Widodo juga menegaskan bahwa generasi muda Indonesia harus memiliki literasi keuangan yang unggul dan kewiraswastaan keterampilan untuk meningkatkan produktivitas mereka di masa depan.

See also  OJK Waspadai Tekanan Pasar Keuangan International yang Berdampak ke Pasar Saham Domestik

Membaca: Sri Mulyani Bicara Kunci Keluar dari Jebakan Pendapatan Menengah

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.