August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Greenpeace Indonesia Keluhkan Isu Etis di Pertamina, Pengiriman Minyak Rusia

2 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Greenpeace Direktur Indonesia Leonard Simanjuntak pada hari Senin menekankan protes terhadap etika pembelian minyak mentah produksi Rusia di tengah agresi militer negara tersebut terhadap negara tetangga Ukraina. Seperti diberitakan pada 31 Maret, sebuah supertanker Pertamina Prime diblokir oleh aktivis dari cabang regional pengawas lingkungan yang dikenal sebagai Greenpeace Nordic di lepas pantai Denmark.

Leonard mengatakan blokade tersebut merupakan protes terhadap ekspor minyak Rusia yang secara luas dianggap untuk lebih membiayai perang negara dan tidak konsisten dengan Konstitusi Indonesia tentang menjaga perdamaian dalam skala world.

“Ada masalah etika serius yang sebenarnya terjadi di sini. Membeli minyak murah dari agresor,” keluh Leonard, “Kami diamanatkan oleh UUD 1945 untuk menjaga perdamaian dunia dan kepentingan jangka pendek ini tidak sesuai dengan nilai konstitusional kami.”

Dia menegaskan blokade dilakukan secara damai dan tanpa melibatkan kekerasan karena dia mengakui fakta bahwa Greenpeace tidak memiliki wewenang untuk memblokir semua kapal tanker yang membawa minyak untuk diekspor ke negara lain di tengah perang.

Mengutip cabang pengawas lingkungan Denmark, Sune Scheller, mitranya di Inggris telah mengidentifikasi setidaknya 299 supertanker yang membawa minyak dan gasoline dari Rusia sejak negara itu melancarkan invasi terhadap Ukraina pada 24 Februari dengan 132 di antaranya ditujukan ke negara-negara Eropa.

Tempo mencoba mengonfirmasi kejadian ini kepada VP Company Communication Pertamina Fajriyah Usman, namun belum mendapat tanggapan hingga berita ini diterbitkan. Manajemen perusahaan energi milik negara Indonesia itu belum secara resmi menanggapi blokade tersebut.

Beberapa hari sebelum blokade, Pertamina Direktur Utama Nicke Widyawati dalam rapat dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengatakan perseroan berencana membeli minyak dari Rusia yang nantinya akan diolah di kilang Balongan.

See also  Kuota Jemaah Haji Indonesia Ditetapkan 100.051

Membaca: Greenpeace: Kurikulum Perubahan Iklim Penting untuk Melawan Krisis Iklim

FAIZ ZAKI

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.