August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Klaim Tarif Listrik Indonesia Terendah di ASEAN

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPemerintah Indonesia dalam keterangan persnya memastikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menjaga daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga komoditas akibat konflik geopolitik world. Salah satunya, mereka mengklaim, ada di negara itu tarif listrik Mereka mengklaim lebih terjangkau dibandingkan negara ASEAN lainnya.

“Tarif listrik Indonesia bisa kami jamin lebih murah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya,” kata Kepala Biro Komunikasi ESDM Agung Pribadi di Jakarta, 5 April.

Information PLN pada Maret 2022 menunjukkan listrik Indonesia lebih murah daripada negara-negara Asia Tenggara, dengan tarif rata-rata rumah tangga nonsubsidi Rp1.445 per kWh yang dibandingkan dengan Thailand Rp1.597 per kWh memang lebih rendah.

“Singapura Rp2.863 per kWh dan Filipina Rp2.421/kWh,” kata Agung.

Sedangkan tarif kelas bisnis menengah Indonesia ditetapkan sebesar Rp1.445 per kWh, lebih rendah dari Filipina Rp 1.636/kWh, Malaysia Rp 1.735/kWh, Vietnam Rp 1.943/kWh, dan Singapura Rp 2.110/kWh.

Dia menunjukkan bahwa kelas bisnis utama tarif listrik terendah dibandingkan negara ASEAN sebesar Rp1.115/kWh, sedikit di bawah Malaysia sebesar Rp1.227/kWh dan jauh di bawah Singapura sebesar Rp2.063/kWh.

Agung mengatakan tarif ini sengaja ditetapkan sebagai stimulus pemerintah untuk menarik investor yang pada gilirannya akan membantu memperbaiki iklim usaha Indonesia di tengah pandemi.

Membaca: Tarif Listrik Tidak Terpengaruh Perubahan Pengadaan Batubara PLN: Pemerintah

MUTIA YUANTISYA

See also  P10 di Kualifikasi Method 1 Hungaria, Max Verstappen: Saya Kehabisan Tenaga
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.