August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Putusan Kasus Pelecehan Seksual UNRI ‘Preseden Buruk’, Kata Lembaga Bantuan Hukum

2 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru yang telah secara sah mewakili korban suatu dugaan pelecehan seksual oleh dekan kampus Syafri Harto berpendapat bahwa pembebasan pengadilan terhadap dekan UNRI telah menjadi preseden buruk tentang bagaimana sistem hukum negara menangani kasus pelecehan seksual.

Dalam jumpa pers digital pada 5 April lalu, kuasa hukum korban Rian Sibarani mengungkapkan keprihatinannya terhadap kasus-kasus di masa depan dan dapat menyebabkan kasus serupa lebih sering terjadi di universitas lain.

“Menurut hakim, kekerasan seksual yang dilakukan di ruang terbuka perlu didukung oleh keterangan saksi. Sedangkan hal yang sama tidak mungkin terjadi di ruang tertutup,” kata Sibarani.

Selain itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mengajukan kasasi ke Pengadilan Negeri Pekanbaru, Senin, 4 April 2022.

Berkaitan dengan hal tersebut, Rian mendesak Jaksa Penuntut Umum untuk menyiapkan memori kasasi yang lebih spesifik menjelaskan fakta-fakta hukum yang terungkap di persidangan dengan penegasan untuk memperkuat tuntutan yang telah dibacakan di persidangan sebelumnya.

Rian juga mendesak Ketua Mahkamah Agung (MA) untuk mengangkat hakim agung yang menangani perkara berperspektif gender.

Komisioner Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Siti Aminah mengungkapkan, information yang dihimpun dalam tujuh tahun terakhir menunjukkan bahwa kekerasan seksual terjadi di semua degree akademik, tetapi universitas menempati urutan teratas.

“Dalam tujuh tahun terakhir, sebagian besar pelaku atau 77 persen dari mereka seharusnya menjadi pendidik dan pelindung bagi para korban. Ini memprihatinkan, kampus harus memperhatikan dan memahami konteks relasi kuasa antara pendidik dan mahasiswa,” kata Aminah.

Membaca: Dekan Kampus Dinyatakan Tidak Bersalah atas Tuduhan Pelecehan Seksual

ANNISA FIRDAUSI

See also  Foremost di Movie 12 Cerita Glen Anggara, Prilly Latuconsina: Ubah Kebiasaan Buruk
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.