August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Financial institution Indonesia: Cadangan Devisa Maret Turun ke US$139,1 Miliar

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Itu Financial institution Indonesia Kepala Komunikasi (BI) Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, Kamis, mengatakan posisi cadangan devisa (valas) Indonesia hingga akhir Maret sebesar US$139,1 miliar, lebih rendah dari cadangan Februari sebesar US$141,4 miliar.

Menurut Haryono, posisi cadangan devisa dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 7,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” tulisnya dalam keterangannya, 7 April.

Tingkat cadangan devisa tersebut, kata dia, mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Maju, Financial institution Indonesia memandang cadangan akan memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, sejalan dengan respons kebijakan pemulihan ekonomi.

Sebelumnya, cadangan devisa pada akhir Januari sebesar US$ 141,3 miliar. Angka ini juga menurun dibandingkan posisi akhir Desember 2021 sebesar US$ 144,9 dolar. Penurunan tersebut juga karena adanya kebutuhan untuk melunasi utang luar negeri pemerintah.

Membaca: Utang Luar Negeri Indonesia Turun menjadi $413 miliar pada Januari 2022

M FAIZ ZAKI

See also  Hadir Pekan Depan, Ini Perkenalan Seri Lengkap Oppo Reno8 di Indonesia
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.