August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Harga Minyak Mentah Indonesia Melonjak Menjadi US$ 113,5 Per Barel

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Pemerintah pada hari Kamis melaporkan bahwa harga minyak mentah indonesia (ICP) Maret 2022 mencapai US$113,50/barel akibat konflik Rusia-Ukraina yang terus menaikkan harga minyak di pasar internasional.

Kenaikan ICP tersebut tertuang dalam Kepmen ESDM No.33.Okay/MG.03/DJM/2022, Antaranews dilaporkan.

Pasokan minyak mentah secara world yang terganggu oleh dampak perang di Eropa Timur membuat ICP Maret naik sebesar US$17,78/barel dari sebelumnya US$95,72/barel pada Februari 2022.

Sejumlah faktor yang mempengaruhi kenaikan harga minyak mentah world berperan, terutama agresi militer Rusia dan sanksi serta kegagalan infrastruktur produksi di negara-negara penghasil minyak.

Pengenaan sanksi oleh negara-negara barat terhadap ekspor minyak mentah Rusia berpotensi meningkatkan defisit pasokan minyak mentah world di saat permintaan minyak mentah dunia mulai meningkat.

OPEC+, yang terdiri dari anggota OPEC dan non-OPEC termasuk Rusia, saat ini berpegang teguh pada kesepakatan awalnya untuk meningkatkan pasokan hanya 400 ribu barel per hari. Arab Saudi dan UEA sebagai produsen dengan kapasitas cadangan yang besar dan mampu meningkatkan produksi secara instan, sejauh ini belum menunjukkan keinginan untuk meningkatkan produksi.

Selain itu, terganggunya fasilitas ekspor Caspian Pipeline Consortium (CPC) di Kazakhstan akibat badai berpotensi mengganggu distribusi minyak mentah sekitar 1 juta barel per hari. Badan Energi Internasional memprediksi defisit keseimbangan pasokan dan permintaan minyak mentah world 700 ribu barel per hari pada kuartal kedua tahun 2022.

Sedangkan untuk laporan OPEC, terdapat revisi penurunan proyeksi produksi minyak mentah negara-negara non-OPEC tahun ini sebesar 12 ribu barel per hari menjadi 66,59 juta barel per hari dibandingkan proyeksi laporan Februari 2022.

Membaca: Harga Minyak Mentah Indonesia Melonjak di Tengah Konflik Ukraina, Rusia

See also  Apa Itu Girlfriend Day yang Diperingati Tiap 1 Agustus?

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.