August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Polisi: Kerugian Korban Robotic Perdagangan Fahrenheit Mencapai Rp480 Miliar

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaDirektur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen. Jenderal Whisnu Hermawan mengatakan pihaknya menerima 550 laporan kasus penipuan investasi robotic dagang Fahrenheit. Whole kerugian yang dialami para korban mencapai Rp480 miliar.

Angka tersebut kemungkinan bertambah karena masih banyak korban yang belum melapor ke polisi. Whisnu menjelaskan penyidik ​​telah memeriksa 16 saksi dengan complete kerugian Rp88 miliar.

Hingga saat ini, polisi telah menahan Hendry Susanto (HS) selaku Direktur Utama PT FSP Akademi Professional yang mengelola platform investasi ilegal tersebut.

Menurut Wishnu, manajemen Fahrenheit mengklaim kepada para korban bahwa mereka memiliki izin operasi dari otoritas Indonesia.

“Ternyata dalam pemeriksaan tidak ada izinnya,” kata Whisnu di gedung Bareskrim, Jakarta, Kamis, 7 April. Selain itu, Fahrenheit menerapkan skema Ponzi dalam operasinya, menawarkan keuntungan tetap 1-25 persen.

Dengan demikian Hendry dijerat dengan Pasal 106 jo Pasal 24 dan atau Pasal 105 jo Pasal 9 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Undang-Undang Perlindungan Konsumen, dan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang.

“Hukumannya maksimal 20 tahun penjara. Kasus ini masih kami dalami karena diduga masih ada tersangka lain yang belum kami selidiki dan ungkapkan,” tegas Wisnu.

Lebih lanjut Whisnu menyebutkan, Polda Metro Jaya juga menangani kasus Fahrenheit dan telah menetapkan empat tersangka yakni D, IL, DB, dan MF yang merupakan anak buah Hendry Susanto. Namun, polisi belum mengungkap aset tersangka yang disita dan jumlah rekening yang dibekukan terkait robotic perdagangan ilegal ini.

Baca: Kerugian Korban Robotic Buying and selling DNA Professional Capai Rp17 Miliar: Pengacara

ARRIJAL RACHMAN

See also  Indonesia Anjurkan WNI Tunda Perjalanan ke Arab Saudi, Turki
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.