August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Ketua DPR Minta Pengusaha Bayar Tunjangan Idul Fitri kepada Karyawan

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKetua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Puan Maharani mengimbau pengusaha membayar THR, atau Tunjangan Idul Fitri kepada pekerjanya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Hak pekerja untuk menerima bonus Idul Fitri harus terjamin. Sesuai ketentuan yang berlaku, pengusaha harus membayar tunjangan pekerjanya secara penuh paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan,” kata Maharani dalam keterangannya yang diterima, Minggu. .

Dia mencontohkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Keagamaan Bagi Pekerja harus menjadi acuan pengusaha untuk pembayaran tunjangan.

Selama dua tahun terakhir, pengusaha diberikan keringanan pembayaran tunjangan Idul Fitri untuk mengurangi beban usaha di masa pandemi COVID-19, kata narasumber.

Tahun ini, pengusaha harus membayar tantiem Idul Fitri untuk karyawannya secara penuh sesuai peraturan menteri, dan mereka yang tidak membayar tunjangan akan dikenakan sanksi, dia mengingatkan.

“Pemberian tunjangan Idul Fitri merupakan kewajiban pengusaha kepada pekerjanya. Jika perusahaannya terlambat atau lalai mencairkan tunjangan, akan dikenakan sanksi,” kata Maharani.

Pembicara mengingatkan bahwa keterlambatan pencairan tunjangan akan merepotkan para pekerja, terutama ketika pemerintah mengizinkan perjalanan mudik lebaran dilakukan lagi seiring situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang berangsur-angsur membaik.

“Tunjangan Idul Fitri harus ditransfer sebelum para pekerja tiba di kampung halaman. Pemberian tunjangan tersebut akan membuat para pekerja kembali ke kampung halaman dengan senang hati,” ujarnya.

Maharani mengingatkan pengusaha agar tidak mencicil tunjangan Idul Fitri meskipun praktik itu sebelumnya ditoleransi.

“Ekonomi kita berangsur-angsur pulih, jadi tidak ada alasan untuk menunda atau memotong bonus Idul Fitri para pekerja,” kata pembicara.

Ia kemudian meminta para pekerja untuk melaporkan kepada pihak berwenang terkait, seperti Kementerian Tenaga Kerja atau legislatif, jika mereka mengalami pelanggaran terhadap hak mereka. Tunjangan Idul Fitri Baik.

See also  Nagita Slavina Resmi Ditunjuk jadi CEO Es Teh Indonesia, Karyawan Sah jadi 'PNS'

“Kami membuka pintu aspirasi warga karena legislatif memiliki tugas pengawasan. Silakan ajukan keluhan Anda ke berbagai saluran yang dimiliki DPR,” kata Maharani.

Membaca: Menkes: Pengusaha Wajib Bayar Tunjangan Idul Fitri Penuh H-7

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.