August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

DPR Akan Meratifikasi RUU Kekerasan Seksual Menjadi Undang-Undang Hari Ini

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaDewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana menggelar rapat paripurna hari ini, 12 April, untuk mengesahkan kekerasan seksual RUU atau RUU TPKS. Ini akan membawa harapan karena pembahasannya telah terhenti di parlemen selama bertahun-tahun.

“Ya, besok kita rapat,” kata Ketua Panitia Kerja RUU tersebut, Willy Aditya, melalui pesan singkat kepada TempoSenin, 11 April.

Willy menjelaskan, DPR sudah menggelar rapat Badan Legislasi pada Senin dan disepakati rapat paripurna pengesahan RUU tersebut pada Selasa.

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) sebelumnya mengapresiasi dan mendukung komitmen DPR untuk mengesahkan RUU tersebut sebelum masa reses mulai 14 April 2022.

“Komnas Perempuan menghimbau agar semua elemen terus melakukan pengawasan [the process] dan memastikan pengesahan RUU seperti yang dilakukan,” kata Ketua Komnas Perempuan Andi Yentriyani dalam siaran pers, Minggu.

Dalam pembahasannya, RUU tersebut mengatur, di antaranya, kejahatan kekerasan seksual; hukuman; hukum acara khusus yang menghadirkan terobosan hukum acara yang mengatasi hambatan keadilan bagi korban, mulai dari restitusi, dana bantuan korban, pelaporan, penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di pengadilan; serta penjabaran dan kepastian pemenuhan hak korban atas pengobatan, perlindungan, dan pemulihan melalui kerangka pelayanan terpadu.

RUU tersebut juga akan mengatur tentang tindak kekerasan seksual yang belum atau belum atau baru sebagian saja diatur, seperti pelecehan seksual, kontrasepsi paksa, sterilisasi paksa, kawin paksa, penyiksaan seksual, eksploitasi seksual, perbudakan seksual, dan elektronik- berdasarkan kekerasan seksual.

Membaca: RUU Kekerasan Seksual Akan Segera Disahkan, kata Ketua DPR Maharani

DEWI NURITA

See also  9 Partai Daftar Peserta Pemilu 2024 Hari ini, 6 Partai Dinyatakan Dokumen Lengkap
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.