August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi Sebutkan CEPA dalam Pembicaraan dengan Melanie Joly dari Kanada

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada 11 April.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden berupaya untuk memperkuat kemitraan ekonomi bilateral kedua negara dan mengintensifkan negosiasi Complete Financial Partnership Settlement (CEPA) yang telah dimulai sejak Maret lalu.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi yang hadir dalam pertemuan itu menulis dalam sebuah pernyataan pada 11 April bahwa “Presiden menyatakan perlunya mempercepat negosiasi.”

Isu lain yang dibahas dalam pertemuan selain CEPA antara lain energi bersih, infrastruktur, dan menarik investor Kanada untuk berinvestasi di Indonesia.

Retno menegaskan posisi Kanada sebagai salah satu mitra perdagangan dan investasi terpenting Indonesia untuk kawasan Amerika Utara. Nilai perdagangan antara Kanada dan Indonesia pada tahun 2021 melonjak hampir 30 persen dan nilai investasi juga naik hampir empat persen.

Lebih lanjut, kata Retno, Joly menyampaikan dukungan Kanada terhadap Presidensi G20 Indonesia. Selain itu, kata Retno, Kanada juga menyampaikan komitmennya untuk terus menjalin komunikasi terbuka dengan Indonesia guna mempersiapkan jalan terbaik bagi G20 untuk menghadapi situasi sulit saat ini.

Baca: Proyek Indonesia-Kanada Jajaki Peran Perempuan di Tengah COVID-19

FAJAR PEBRIANTO

See also  Kronologi Santri Tewas setelah Berkelahi Satu Lawan Satu, Bermula dari Kena Daun Pintu
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.