August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Puan Maharani Minta Pemerintah Segera Siapkan Aturan Turunan Kekerasan Seksual

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKetua DPR Puan Maharani meminta pemerintah segera menyusun aturan turunan dari undang-undang kekerasan seksual atau TPKS yang disahkan kemarin, 12 April, dalam rapat paripurna.

Menurut Puan, regulasi yang bersumber dari UU TPKS perlu segera disiapkan agar UU tersebut bisa diterapkan dan menjadi pedoman bagi aparatur dalam menangani dan menyelesaikan kasus kekerasan seksual.

“Kini saatnya UU TPKS diterjemahkan ke dalam kebijakan teknis agar semangat penyusunannya bisa langsung dirasakan dalam bentuk nyata, termasuk menyelesaikan kasus kekerasan seksual dan melindungi perempuan dan anak di Indonesia,” kata Puan. dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 April.

Aktivis Maju Perempuan Indonesia, Titi Anggraini, mengatakan aturan turunan harus segera diterbitkan, antara lain tentang sumber, alokasi, dan penggunaan dana bantuan korban, serta ketentuan penghapusan dan/atau penghentian akses informasi elektronik. dan/atau dokumen elektronik yang memuat tindak pidana.

“Selain itu, Peraturan Presiden (PP) juga harus mengatur ketentuan mengenai tata cara penanganan, perlindungan, dan pemulihan korban serta ketentuan pencegahan tindak kekerasan seksual,” imbuh Titi.

Ia juga mengatakan, perlu adanya Peraturan Presiden tentang pelayanan terpadu pemulihan korban pasca proses peradilan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Selasa (12/4), mengatakan pemerintah akan bergerak cepat agar kekerasan seksual RUU akan segera berlaku.

Membaca: Pengesahan Undang-Undang Kekerasan Seksual; Pemerintah Janji Awasi Aborsi dalam RUU KUHP

DEWI NURITA

See also  Sepeda Motor Pemboros Bahan Bakar Dikonversi ke Sepeda Motor Listrik: Pemerintah
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.