August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Membaik di Awal Maret

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah meningkatnya perang antara Rusia dan Ukraina. Pada awal Maret 2022, berbagai indikator menunjukkan perekonomian domestik mulai pulih dengan terjaganya tingkat konsumsi masyarakat, investasi, belanja pemerintah, serta ekspor, dan impor.

“Kinerja ekspor bergerak signifikan, tetapi kita harus tetap waspada dengan perkembangan perdagangan dan pertumbuhan ekonomi world yang terancam perang antara Rusia dan Ukraina. Namun, sejumlah indikator ekonomi hingga awal Maret baik-baik saja,” kata Sri dalam konferensi pers, Rabu, 13 April.

Menurut Menkeu, nilai tukar rupiah terhadap dolar juga tetap terjaga di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan world. Meski mencatatkan depresiasi sebesar 0,33 persen pada Q1 tahun 2022 (yr up to now), hal tersebut dinilai lebih baik dari posisi akhir tahun 2021.

Selain itu, depresiasi rupiah bahkan lebih rendah dari mata uang negara berkembang lainnya. “Ringgit Malaysia mengalami depresiasi 1,15 persen tahun ini, India pada 1,73 persen tahun ini, Thailand pada 3,15 persen tahun ini,” kata mantan direktur pelaksana Financial institution Dunia itu.

Dia juga mengatakan inflasi masih terkendali pada 2,64 persen yr on yr, didukung oleh pasokan yang terkendali dan upaya pemerintah untuk menstabilkan harga barang.

Meskipun indikator ekonomi menunjukkan perbaikan, Sri Mulyani mengatakan Indonesia harus memperhitungkan risiko dampak gejolak world yang mempengaruhi inflasi world, kinerja ekonomi dunia, dan value of fund. “KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan) terus memantau tensi keuangan dan stabilitas sistem agar tetap terjaga,” ujarnya.

Membaca: Sri Mulyani: Kenaikan Harga Barang Tantangan Baru Perekonomian

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Hasil Singapore Open 2022: Anthony Sinisuka Ginting Juara, Indonesia Raih 3 Gelar
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.