August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Sultan HB X Keluarkan 4 Instruksi agar Pariwisata Yogyakarta Kembali Regular

1 min read

Directoresdecasting.information, Yogyakarta Yogyakarta sudah mulai terlihat tren regular dalam kunjungan wisatawan, terutama selama Ramadhan ini, karena kasus COVID-19 yang landai. Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X ingin momentum ini dimanfaatkan dengan membuat empat langkah strategis untuk mempercepat proses pemulihan sektor pariwisata daerah.

“Langkah pertama adalah merumuskan kembali produk,” kata Sultan dalam keterangannya dalam diskusi Jalan Menuju Yogyakarta Sebagai Penanggung Jawab Pariwisata di Yogyakarta, Selasa, 12 April.

Dalam discussion board yang diadakan oleh Kantor Perwakilan Financial institution Indonesia DIY dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Sultan menjelaskan bahwa reformulasi produk dapat diterapkan dengan memperbanyak kegiatan atau occasion. “Khususnya untuk occasion competition wisata tematik,” tambahnya.

Adapun langkah kedua, Sultan mendorong adanya kesamaan perspektif atau framing pembangunan pariwisata di provinsi tersebut sebagai sebuah industri. “Dengan melakukan integrasi horizontal antar sektor usaha,” ujarnya.

Langkah ketiga, kata Sultan, adalah memperkuat kemitraan antar pelaku pariwisata. “Perlu membangun jaringan kerja sama antara pengelola objek, biro perjalanan, dinas pariwisata antarprovinsi, dan insan pariwisata lainnya,” ujarnya.

Pada langkah keempat atau terakhir, Sultan HB X mendorong pemasaran intensif objek wisata yang dirancang dengan mengadopsi semangat co-opetition dan co-creation dalam jaringan aliansi strategis. “Yogyakarta adalah kota budaya yang di dalamnya terdapat potensi wisata, sehingga budaya dan pariwisata di DIY tidak bisa dipisahkan,” tegasnya.

Membaca: Klitih; Yogyakarta Kerahkan Ribuan Grup Jaga Warga

PRIBADI WICAKSONO (KONTRIBUTOR)

See also  5 Candi yang Wajib Dikunjungi di Indonesia Selain Borobudur
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.