August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Indonesia Perketat Pengendalian Rabies di Sumbawa Jelang MXGP Juni

2 min read

Directoresdecasting.data, Sumbawa Besar – Indonesia mulai mengintensifkan serangkaian kegiatan pengendalian Rabies di Sumbawa, menjelang Worldwide MotoCross Grand Prix (MXGP) mendatang di daerah Samota, Sumbawa, pada Juni mendatang. Kegiatan tersebut antara lain vaksinasi anjing secara massal, pelatihan Penanganan Kasus Gigitan Terpadu (Tata Laksana Kasus Gigitan Terpadu – TAKGIT dan kampanye edukasi masyarakat yang menyasar komunitas dan penyelenggara MXGP, serta pembentukan Kader Siaga Rabies – KASIRA).

“Rabies adalah penyakit yang telah ditularkan dari hewan ke manusia (zoonosis) selama hampir 200 tahun. Penyakit mematikan ini memiliki tingkat kematian hingga 99,9% pada manusia. Anjing adalah sumber utama penularan rabies. Bisa juga melalui kucing dan kera melalui gigitan atau cakaran yang dalam”, kata Syamsul Ma’arif, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, saat mengawali kegiatan pengendalian rabies di Sumbawa Besar. .

Salah satu langkah pencegahan rabies pada hewan yang menularkan khususnya pada anjing adalah melalui vaksinasi terhadap minimal 70 persen populasi anjing di daerah yang terinfeksi. “Ini yang coba dilakukan pemerintah melalui instansi terkait di Sumbawa, dengan melakukan vaksinasi massal untuk anjing,” tambah Ma’arif.

Anjing yang divaksinasi ditandai dengan tag oranye di Dompu, pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (FAO/Sadewa/2019)

Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Pertanian mendeklarasikan situasi Rabies di Kabupaten Sumbawa Barat sebagai ‘Kejadian Luar Biasa (KLB)’ – waspada terhadap peningkatan kasus penularan dan kematian yang mendekati situasi wabah. Itu merupakan kabupaten ketiga di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan situasi seperti itu, setelah pemerintah menyatakan situasi Rabies di Kabupaten Sumbawa dan Dompu sebagai KLB dua tahun lalu.

“Melalui program pengendalian rabies di Sumbawa ini, kami berharap dapat menyukseskan occasion internasional MXGP mendatang dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata yang aman dari rabies”, ujar Hasan Basri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, di acara yang sama.

See also  MAKI Akan Ajukan Mosi Praperadilan terhadap Kementerian Perdagangan atas Mafia Minyak Goreng

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.